Merevolusi Sistem, Mendongkrak Motivasi
Judul Buku: Marketing Revolution
Pengarang: Tung Desem Waringin
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman: 320
Penulis Resensi: Tuhu Nugraha Dewanto
Buku ini berhasil menyedot perhatian dan menjadi perbincangan banyak
orang. Penulisnya, Tung Desem Waringin, memang menciptakan efek word of mouth
dengan cara yang sensasional yaitu menyebar uang senilai seratus juta
rupiah dari atas helikopter untuk menandai peluncurannya. Lalu,
bagaimana dengan isi bukunya sendiri? Apakah sesensasional kampanye
promosinya?
Buku ini memang sangat memotivasi pembacanya. Terutama bagi Anda yang
menggeluti bidang penjualan (baca: salesman) dan kaum pebisnis, buku
ini memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat produk
Anda laku di pasar dan dicari konsumen. Pendekatan yang dilakukan
memang sebagian besar didominasi gaya hardselling, walaupun Tung juga
memberikan beberapa tips bagaimana menarik perhatian media dan
memperoleh publikasi gratis.
Lalu, apa relevansinya bagi Anda para praktisi HR untuk membaca buku ini? Ada beberapa catatan penting dari buku ini yang mungkin sangat berguna bagi para praktisi HR.
Pertama, Tung Desem Waringin adalah seorang motivator yang hebat. Cara
dia menulis buku ini membuat orang yang membacanya jadi termotivasi dan
semakin bersemangat.
Kedua, kalau diperhatikan dengan seksama beberapa bagian dari buku
ini sengaja diulang, untuk membuat pesan yang ingin disampaikan mengena
dan menancap di dalam otak. Ketiga, bahasa yang digunakan adalah bahasa
percakapan sehari-hari. Ini memudahkan pembaca untuk mengerti inti pesan
yang ingin disampaikan. Hal-hal tersebut tentunya sangat penting bagi
para praktisi HR untuk mampu berkomunikasi terutama secara tertulis dengan baik, sesuai lingkup peran dalam mengelola dan memotivasi karyawan.
Keempat, Tung dalam bukunya ini selalu menekankan pentingnya sistem
bagi perusahaan, yang harus selaras dengan tujuan individual
masing-masing karyawan. Pada dasarnya setiap manusia itu egois, sehingga
keberadaan sebuah sistem harus bisa menjawab pertanyaan, “Apa yang akan
saya dapatkan bila melakukan sesuatu?” Dalam bahasa yang keren ini
disebut sebagai Management Control System.
Di samping hal-hal yang telah diuraikan di atas, buku ini relevan untuk dibaca orang HR
karena Tung memberikan banyak contoh konkret bagaimana menerapkan
sistem insentif bagi karyawan yang pada gilirannya akan menguntungkan
perusahaan. Dengan sebuah sistem yang “win win solution”,
maka tanpa harus diawasi pun para salesman akan bekerja sangat
produktif karena itu menyangkut kepentingan pribadi mereka juga.
Home »
Sinopsis Buku Bisnis
» Marketing Revolution by Tung Desem Waringin
Marketing Revolution by Tung Desem Waringin
Written By Unknown on Rabu, 20 Maret 2013 | 10.54
Label:
Sinopsis Buku Bisnis
Posting Komentar